Makanan untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

  • Whatsapp

Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dapat membantu mengelola stress dan kecemasan yang berlebih.

Perubahan tersebut termasuk mengatur pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Pasalnya, beberapa jenis makanan memiliki kandungan yang mampu mengatasi stres dan kecemasan.

Read More

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah 7 makanan untuk mengatasi stres dan kecemasan:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti ikan salmon, ikan mackerel, ikan trout, dan ikan herring mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki hubungan kuat dengan fungsi kognitif dan kesehatan mental.

Di sisi lain, penelitian mengemukakan bahwa banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak omega-6 dan rendah omega-3 dapat meningkatkan risiko kecemasan.

2. Telur

Telur, terutama bagian kuning telur, merupakan sumber protein dan vitamin D yang sangat baik. Bahkan, telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, telur juga menawarkan triptofan, yakni asam amino yang memproduksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, tidur, memori, dan perilaku.

3. Cokelat hitam

Menurut sebuah penelitian di tahun 2004, 40 gram cokelat hitam dapat membantu mengurangi stres dan kecamasan.

Penelitian lain umumnya mengatakan bahwa cokelat hitam atau kakao dapat memperbaiki suasan hati.

Meskipun masih belum jelas bagaimana cokelat hitam mengatasi stress dan kecemasan, cokelat hitam merupakan sumber polifenol yang kaya, terutama flavonoid.

4. Kamomil

Banyak orang yang mengonsumsi teh kamomil sebagai obat herbal karena memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan, dan relaksan.

Beberapa orang percaya bahwa sifat relaksan dan anti-kecemasan yang berasal dari flavonoid dalam teh kamomil.

5. Ubi jalar

Ubi jalar termasuk makanan kaya nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar hormone kortisol.

Sebuah studi yang dilakukan selama minggu pada wanita dengan obesitas menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat padat nutrisi memiliki kadar kortisol saliva yang jauh lebih rendah.

6. Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang menawarkan bakteri probiotik dan tinggi vitamin, mineral, serta antioksidan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makanan fermentasi seperti kimchi dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan yang berlebih.

7. Kerang

Kerang mengandung asam amino seperti taurine dalam jumlah tinggi. Kandungan tersebut berpotensi meningkatkan suasana hati.

Taurin dan asam amino lainnya diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter seperti dopamine yang penting untuk mengatur respons stres.

Kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan mood.

Related posts