Kenapa “K” Jadi Singkatan untuk Ribu?

  • Whatsapp
Photo by Jason Leung on Unsplash

Mengapa “K” jadi singkatan untuk ribu?

Jawaban 1

Dijawab di Quora oleh Revi Soekatno:

Terima kasih atas permintaan jawabannya Mas Denny Hendrik (Denny Hendrik).

Pertanyaan ini sudah dijawab dengan baik oleh beberapa penulis lainnya, yaitu K itu singkatan dari “kilo”, yang artinya “ribu”.

Pertama kali saya melihatnya sekitar awal dasawarsa 2000-an, di Pulau Bali dan tepatnya di daerah turis. Saya waktu itu menganggapnya lucu melihat makanan seperti pizza, spaghetti, dan hamburger di menu harganya ditulis “Rp. 20 K”, “Rp. 100 K”, dan sebagainya. Mungkin orang asing, terutama orang Australia lah, yang mempopulerkannya. Saya dulu suka menonton serial Australia The Bush Tucker Man, tentang makanan hutan di Australia oleh Les Hiddins. Seingat saya Les kalau mengatakan jarak itu menggunakan kata “K”, misalnya “It’s two hundred K to Darwin.”

Maksudnya untuk menyatakan dua ratus kilo (meter) ke Darwin.

Selain itu mungkin orang asing juga kurang terbiasa menggunakan satuan sampai ribuan untuk menyatakan harga barang. Zaman dulu orang kita suka menggunakan kata “perak”, sekarang jarang. Paling lazim “ribu” atau “juta”. Namun kalau miliar, biasa menggunakan “M”. Rumahku harganya “tiga M” lho waktu beli. Bahkan oleh anak Jaksel M ini kadang dipelesetkan menjadi “ember”.

Semoga pendapat saya ini bermanfaat.

Jawaban 2

Dijawab di Quora oleh Syifa:

Huruf K yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani ( Greek/Greece).

Kata aslinya ditulis “χίλιοι” dan dibaca “cilia” /“Chilo”. Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem penghitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang kita bisa menemukannya pada harga barang dan jumlah follower akun media sosial.

Penggunaan huruf K untuk menyatakan ribu tentu banyak keuntungannya. Selain mempersingkat penulisan, juga bisa menghemat tempat. Beberapa contoh penggunaan huruf K untuk menyingkat angka besar yang terlalu banyak angka nol.

1K = 1.000

10K = 10.000

100K = 100.000

1000K = 1.000.000

Related posts