Safe Mode Windows 10

  • Whatsapp
windows 10

Safe Mode Windows 10 memulai OS dalam keadaan dasar, menggunakan kumpulan file, dan driver terbatas. Jika masalah tidak terjadi dalam safe mode, ini berarti pengaturan default dan driver perangkat dasar tidak menyebabkan masalah. 

Mengamati Windows dalam safe mode memungkinkan Anda mempersempit sumber masalah. Lalu, bisa membantu Anda memecahkan masalah pada PC, sebagaimana dikutip dari halaman dukungan Microsoft. 

Read More

Ada dua versi safe mode yakni Safe Mode dan Safe Mode dengan Networking. Safe Mode dengan Networking menambahkan driver jaringan dan layanan yang Anda perlukan untuk mengakses Internet dan komputer lain di jaringan Anda.

Dikutip dari halaman dukungan Microsoft, pilih dari bagian berikut untuk mengetahui cara memulai PC Anda dalam mode aman dari Settings, dari layar masuk, atau dari layar hitam atau kosong. Bagaimana caranya? 

1. Safe Mode Windows 10 dari Settings
– Press Windows logo key Windows + I pada keyboard Anda untuk membuka Settings. Jika tidak berhasil, pilih tombol Start, lalu pilih Settings. 

– Select Update & Security> Recovery

– Di bawah Advanced startup, select Restart Now

– Setelah PC Anda restart ke layar Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart. Anda mungkin diminta untuk memasukkan kunci pemulihan BitLocker Anda.

– Setelah PC Anda restart, Anda akan melihat daftar opsi. Pilih 4 atau tekan F4 untuk memulai PC Anda dalam Safe Mode. Atau jika Anda perlu menggunakan Internet, pilih 5 atau tekan F5 untuk Safe Mode with Networking.

2. Safe Mode Windows 10 dari Black atau Blank Screen
Sebelum masuk ke safe mode, Anda harus masuk ke Windows Recovery Environment (winRE). Untuk melakukan ini, Anda akan berulang kali mematikan perangkat Anda, lalu hidupkan:

– Tahan tombol daya selama 10 detik untuk mematikan perangkat Anda.

– Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan perangkat Anda.

– Pada tanda pertama bahwa Windows telah dimulai (misalnya, beberapa perangkat menunjukkan logo pabrikan saat memulai ulang) tahan tombol daya selama 10 detik untuk mematikan perangkat Anda.

– Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan perangkat Anda.

– Saat Windows dimulai ulang, tahan tombol daya selama 10 detik untuk mematikan perangkat Anda.

– Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan perangkat Anda.

– Izinkan perangkat Anda untuk memulai ulang sepenuhnya. Anda akan masuk ke winRE.

Sekarang Anda berada di winRE, Anda akan mengikuti langkah-langkah ini untuk membawa Anda ke mode aman:

– Pada layar Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.

– Setelah perangkat dimulai ulang, Anda akan melihat daftar opsi. Pilih opsi 5 dari daftar atau tekan F5 untuk Safe Mode with Networking.

Related posts