Cara Mengolah Kentang yang Sehat

  • Whatsapp
kentang

Meski kentang mengandung banyak gizi penting, cara mengolah kentang yang tidak tepat dapat menghilangkan manfaat gizi kentang itu sendiri. Merebus, mengukus, dan memanggang merupakan cara terbaik untuk menjaga nutrisi pada kentang.

Sementara itu, menggoreng kentang untuk dijadikan keripik atau kentang goreng, dapat membuat kentang mengandung kalori yang berlebih. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya agar bisa mendapatkan kandungan gizi kentang yang maksimal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, serat, vitamin, dan mineral justru lebih banyak terdapat pada kulit kentang.

Meski begitu, Anda perlu hati-hari dalam mengolah kentang. Jika kentang berwarna kehijauan atau tampak terdapat tunas yang baru tumbuh, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kentang tersebut. Kentang yang bertunas atau berwarna kehijauan mengandung racun yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait cara mengolah kentang yang baik sehingga kandungan gizi kentang tidak berkurang dan jenis olahan kentang yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

Related posts