Kamu Suka Minum Kopi? Ternyata, Ada Banyak Manfaatnya, Lihat ini!

  • Whatsapp
Kopi untuk Diet

Minum kopi secara rutin setiap hari enggak hanya bisa meningkatkan mood dan menghilangkan kantuk, tapi ada banyak manfaat baik bagi kesehatan. Ya, kandungan kafein, antioksidan dan enzim di dalam kopi memberi banyak manfaat positif bagi tubuhmu. 

Apa saja manfaat kopi untuk kesehatan tubuh? Yuk, cek fakta berikut ini!

Read More

1. Kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh

Kopi mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Kandungan antioksidan pada kopi di antaranya adalah polifenol atau asam klorogenik yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit berbahaya, termasuk obesitas. 

2. Membantu membakar lemak

Kafein di dalam kopi bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kafein ini akan merangsang sistem saraf untuk memberikan sinyal pada sel lemak yang selanjutnya membuat sel lemak segera memecah lemak dalam tubuh.  

Selain itu, pada sebuah penelitian ditemukan hasil bahwa kafein bisa mempercepat metabolisme. Termasuk proses pembakaran lemak sebanyak 3-11 persen.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Antioksidan dan anti-inflamasi di dalam kopi juga bisa meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi disebut bisa mencegah diabetes tipe 2. Kopi juga mampu memengaruhi susunan mikroba usus sehingga berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Enggak aneh kalau ada studi yang membuktikan bahwa kebiasaan minum kopi secara rutin berbanding terbalik dengan risiko diabetes tipe 2. Hasil studi tersebut menjelaskan bahwa rutin mengonsumsi secangkir kopi per hari bisa menurunkan risiko diabetes hingga 6 persen.

4. Mengurangi risiko dementia atau alzheimer

Mengonsumsi kopi secara rutin dalam jumlah yang pas bisa membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 50 persen.

Alzheimer sendiri merupakan salah satu penyakit saraf yang bisa menyebabkan demensia atau lupa ingatan. Penyakit ini merupakan penyakit saraf paling banyak diderita di dunia, khususnya oleh yang sudah lanjut usia.

5. Melindungi liver dan mencegah kanker hati

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan hasil bahwa mengonsumsi kopi empat gelas per hari mampu mencegah terjadinya sirosis hati hingga 80 persen. Sirosis adalah keadaan di mana muncul jaringan parut pada hati akibat rusaknya organ hati. Penyebabnya bisa penyakit gangguan hati lain seperti perlemakan hati atau hepatitis.

Tak hanya itu, penelitian lain menemukan hasil bahwa rutin minum kopi dengan jumlah yang tepat bisa menurunkan risiko kanker hati hingga 40 persen. Bahkan minum 3 gelas kopi per hari bisa menurunkan risikonya hingga 50 persen. Tapi, tentu saja sifatnya tidak mutlak karena tergantung pada jenis dan jumlah kopi yang diminum, hingga kondisi tubuh serta kebiasaan hidup masing-masing.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat yang bisa didapatkan dari minum kopi secara rutin? Tentunya dengan catatan jumlahnya pas dan diutamakan kopi hitam yang murni ya. 

Untuk itu, kamu tidak perlu ragu untuk minum segelas Kopi Kenangan setiap hari. Soalnya, Kopi Kenangan diolah dari biji kopi pilihan dan terbaik di kelasnya sehingga kaya akan nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Jadi, apakah kamu sudah minum Kopi Kenangan hari ini? Yuk, buruan pesan! 

Related posts