ini Ciri-ciri Bayi akan Bisa Duduk Sendiri

  • Whatsapp
Ciri-ciri Bayi akan Bisa Duduk Sendiri Foto: Pixabay

Salah satu tonggak perkembangan penting yang harus dilalui oleh bayi adalah duduk. Ya Moms, biasanya di usia 4-6 bulan, bayi sudah bisa duduk dengan bantuan atau penyangga.

Meski begitu, setiap bayi memang memiliki tonggak perkembangannya masing-masing. Bisa saja di usia 7 bulan, bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan, namun bayi lain baru bisa duduk sendiri di usia 8 bulan.

Lantas, bagaimana cara mengetahui tanda bahwa bayi kita akan bisa duduk sendiri? Berikut penjelasannya, Moms.

Penjelasan soal Tanda Bayi akan Bisa Duduk Sendiri

Ciri-ciri Bayi akan Bisa Duduk Sendiri Foto: Shutterstock

Kontrol kepala yang baik merupakan salah satu tanda bayi sudah siap duduk, Moms. Menurut BabyCentre, kontrol kepala bayi mulai berkembang sangat awal, dimulai sejak bayi berusia 2 bulan, ketika masih berbaring dan baru bisa memiringkan kepalanya ke satu sisi.

Kemudian pada usia 2,5 bulan, otot tengah tubuh atau core muscles bayi sudah berkembang. Jadi di usia ini jangan dulu menidurkan bayi di bouncer atau ayunan, karena dapat menghambat perkembangan alami bayi dan memengaruhi keterampilan duduk.

Selanjutnya adalah kesadaran tubuh, artinya bayi sudah bisa mengontrol kaki, tangan, dan pantatnya untuk melawan gravitasi. Untuk mengembangkan kesadaran tubuhnya, Anda bisa mengajak bayi melakukan tummy time.

Saat tummy time, bayi yang siap duduk cenderung mendorong tubuhnya ke atas dan mencoba untuk berguling. Lalu saat bayi duduk dengan penyangga, si kecil tampak antusias dan menyukainya. Nah Moms, bila bayi sudah terlihat nyaman dan sering duduk dengan penyangga, maka sebentar lagi, si kecil biasanya akan bisa duduk sendiri.

Cara Melatih Bayi Duduk

Ciri-ciri Bayi akan Bisa Duduk Sendiri Foto: Shutter Stock

Sebelum melatih bayi duduk, pastikan si kecil sudah berusia setidaknya 4 bulan. Demikian yang disarankan oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC dalam akun Instagram pribadinya, @citra_amelinda.

“Nah, untuk bisa duduk sendiri sambil disangga tangannya, pada usia 6 bulan, dan bisa duduk anteng sambil memegang mainannya dan tidak perlu disangga apapun di usia 9 bulan,” tulis dokter yang kini berpraktek di Rumah Sakit Primaya Bekasi Timur, Jawa Barat ini.

Lalu, berikut beberapa cara untuk melatih bayi duduk yang bisa Anda lakukan:

  • Ajari si kecil melatih keseimbangan agar bisa menopang tubuhnya.
  • Cobalah memposisikan diri sejajar di depan bayi, kemudian raih kedua tangan bayi dan pelan-pelan angkat.
  • Berikan sandaran saat bayi duduk.
  • Letakkan beberapa mainan di depannya saat anak sudah bisa duduk stabil tanpa harus berpegangan dengan tangannya.
  • Sebisa mungkin Anda selalu hadir untuk si kecil ketika ia mencoba belajar duduk, karena bayi suka ditemani.

“Yang terpenting, jangan memaksakan anak di luar kemampuannya. Biarkan anak santai sehingga ibu pun senang,” pungkas dr. Citra.

Related posts