Manfaat Edamame untuk Diet

  • Whatsapp
Edamame

Edamame merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dijadikan camilan saat tengah menurunkan berat badan. Berikut sejumlah manfaat edamame untuk diet.

Kacang yang mulanya dikenal sebagai makanan masyarakat Jepang ini kian diminati orang Indonesia untuk diolah sebagai campuran masakan maupun kudapan.

Selain memiliki rasa yang enak, edamame juga kaya kandungan nutrisi. Kedelai berwarna hijau ini kaya protein dan kalsium, namun rendah kalori dan kolesterol. Hal tersebut menjadikan edamame cocok dikonsumsi saat diet.

Manfaat Edamame untuk Diet

Berikut 5 manfaat edamame untuk diet, dihimpun berbagai sumber.

1. Edamame tinggi protein

Selama diet, tubuh perlu mendapatkan cukup protein. Mengonsumsi makanan berprotein dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga diperlukan tubuh untuk membangun otot menjadi lebih kuat.

Makanan yang mengandung protein tak hanya terkandung dalam sumber hewani, tapi juga nabati seperti kacang. Kacang-kacangan, termasuk edamame adalah salah satu sumber protein nabati terbaik.

Merujuk Healthline, sekitar 155 gram edamame yang telah dimasak menyediakan sekitar 18,5 gram protein. Selain itu, kedelai adalah sumber protein utuh yang menyediakan asam amino esensial.

2. Edamame rendah kalori

Bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah kalori dan karbohidrat, edamame bisa menjadi pilihan makanan sehat. Edamame bisa disajikan sebagai menu rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Setengah cangkir edamame hanya mengandung 95 kalori, mengutip Livestrong. Cara terbaik mengonsumsi edamame adalah dengan direbus atau dikukus. Merebus maupun mengukus edamame disarankan tidak terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.Iklan – Artikel dilanjutkan di bawahhttps://46e3fca9b71e0d860f3f31670098a848.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

3. Bantu turunkan kolesterol

Edamame dipercaya dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Edamame adalah sumber protein kedelai yang baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada manusia, mengutip WebMd.

Selain itu, senyawa dalam edamame dapat menekan risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, termasuk kolesterol dan trigliserida.

4. Edamame kaya vitamin, mineral, dan serat

Edamame mengandung kaya vitamin dan mineral, terutama vitamin K dan folat. Di samping itu, edamame kaya akan serat yang dapat membantu penurunan berat badan.

Makanan tinggi serat seperti edamame dapat membantu mengurangi rasa lapar berlebih karena bisa lebih mengenyangkan usai dimakan daripada makanan rendah serat.

Dalam setiap 1/2 cangkir edamame mengandung 4 gram serat atau 16 persen dari nilai harian. Selain dijadikan camilan, edamame juga bisa dicampurkan ke dalam salad sebagai menu makan siang Anda.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Orang yang menjalankan diet ketat tanpa memperhatikan asupan kalsium rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang di kemudian hari.

Osteoporosis merupakan kondisi yang ditandai dengan tulang rapuh dan keropos akibat kekurangan mineral. Hal ini membuat tulang yang rapuh menjadi rentan patah meski hanya mengalami cedera ringan.

Berdasarkan penelitian observasional, mengonsumsi makanan tinggi isoflavon dapat menurunkan risiko osteoporosis. Edamame dan jenis kedelai lainnya merupakan makanan dengan konsentrasi isoflavon yang tinggi.

Hal ini juga didukung oleh penelitian pada wanita pascamenopause yang mengonsumsi isoflavon selama dua tahun dilaporkan mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang.

Demikian manfaat edamame untuk diet. Di samping bagus untuk camilan diet, beragam kandungan nutrisi yang ada pada kacang ini memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Related posts